Berita

SAAT LAKA LANTAS MELIBATKAN ANAK DI BAWAH UMUR, POLANTAS UPAYAKAN DIVERSI

Jumat 28 September 2018, 09:59 WIB | dibaca: 1912 pembaca
SAAT LAKA LANTAS MELIBATKAN ANAK DI BAWAH UMUR, POLANTAS UPAYAKAN DIVERSI

Selama Januari –  pertengahan September 2018 terjadi 64 kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Ketapang . Beberapa  kasus lakalantas di antaranya diselesaikan secara diversi, karena pelakunya anak di bawah umur.

Diversi merupakan penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga korban/pelaku, pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil yang dilakukan secara musyawarah dan mufakat.

"Diversi itu penyelesaian kasus di luar jalur lembaga peradilan. Meski begitu diversi itu juga pengadilan," tandas Kanit Laka Sat Lantas Polres Ketapang, Aiptu Radiyantoro saat ditemui, Kamis (27/9/2018).

Radiyantoro yang mewakili Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Priyanto, S.H., S.I.K., menjelaskan, sebelum diversi, polisi mengundang pelaku, korban, keluarga korban/pelaku dengan pihak lain yang terkait untuk membuat kesepakatan menyelesaikan kasus di luar jalur peradilan. Kesepakatan harus dilakukan dengan musyawarah dan mufakat.

Jika tidak mencapai kesepakatan maka dilakukan proses hukum selanjutnya. Meski demikian, pada setiap tahap penyelidikan masih bisa dilakukan diversi.

"Apabila tidak ketemu titik temu maka kasusnya dilimpahkan ke kejaksaan. Kalau di kejaksaan juga tidak ketemu maka dilimpahkan ke pengadilan. Kalau pengadilan juga tidak ketemu maka dilakukan sidang. Nanti pengadilan yang putuskan," jelas Radiyantoro.

Created by : Z_Ntd

Komentar:
Tuliskan Komentar Anda: