Berita

7 Tips Ampuh Mencegah Kecelakaan di Jalan Raya

Kamis 16 Agustus 2018, 15:35 WIB | dibaca: 1059 pembaca
7 Tips Ampuh Mencegah Kecelakaan di Jalan Raya

Pada zaman modern sekarang ini manusia tidak lepas dari kendaraan bermotor untuk menunjang aktifitas sehari-harinya. Sehingga jumlah kendaraan bermotor semakin hari semakin meningkat. Dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berbanding lurus dengan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya tak terkecuali di kabupaten Ketapang. Dari berbagai macam factor penyebab kecelakaan lalulintas salah satunya karena disebabkan oleh factor Manusia. Kami Unit Laka Lantas Polres Ketapang akan memberikan beberapa tips ampuh mencegah terjadinya kecelakaan dijalan raya sebagai berikut :

  1. Kondisi Kendaraan

Peliharalah kendaraan anda secara rutin dan berkala. Sebelum berkendara cek oli mesin, rem, tekanan ban, system penerangan dan perlengkapan kendaraan lainnya.

  1. Patuhi Rambu

Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

  1. Jaga Kecepatan

Banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan sangat tinggi. Meski dianggap mengejar waktu mereka namun hal itu selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya.

Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, spion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

  1. Sabuk Pengaman atau Helm

Banyak para ahli berkendara sangat menyarankan agar para pengemudi tidak mengabaikan pentingnya pemakaian sabuk pengaman atau Helm . Sabuk dan helm merupakan salah satu alat yang dapat menyelamatkan nyawa.

Jangan menggunakan sabuk pengaman atau helm hanya karena takut pada polisi karena anda yang seharusnya lebih peduli pada keselamatan anda sendiri.

  1. Jaga Jarak Aman

Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, pengemudi sebaiknya selalu memperhatikan jarak aman saat berkendara. Pengemudi harus cukup cekatan untuk bereaksi jika kendaraan di depannya berhenti secara tiba-tiba.

  1. Jangan Ngantuk

Salah satu faktor kecelakaan lantaran karena pengemudinya mengantuk saat mengemudi. Jika pengemudi sudah cukup lelah, disarankan untuk segera menepi untuk tidur sejenak.

  1. Jangan Menggunakan Ponsel

Penggunaan ponsel saat mengemudi tidak dibenarkan dan dilarang. Alasannya adalah jumlah kecelakaan yang mengakibatkan kematian yang dikaitkan dengan penggunaan ponsel saat mengendarai kendaraan cukup besar. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas menelpon saat mengendarai kendaraan adalah hal yang sangat berbahaya.

Dengan beberapa tips ampuh yang kami berikan diatas semoga bermanfaat dan dapat mengurangi kecelakaan lalulintas dijalan raya. Utamakan keselamatan dari pada kecepatan saat berkendara.

 

Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan.

Komentar:
Komentator
Bbs - Kamis 16 Agustus 2018, 16:47:23

Trimakasih pak polisi Tips nya bermanfaat??????

Komentator
Ari - Kamis 16 Agustus 2018, 15:59:59

Kerennnn

Komentator
Aanjogja - Kamis 16 Agustus 2018, 15:43:34

Terima kasih infonya ndan...semoga kita semua selalu dalam lindunganNya dan terhindar dari musibah kecelakaan.. Mantap utk sat lantas ketapang

Komentator
spiderman - Kamis 16 Agustus 2018, 15:41:47

Keren, mksh om

Showing : 4
Tuliskan Komentar Anda: