Berita

APA PASAL YANG TEPAT DIKENAKAN UNTUK KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS?

Selasa 21 Agustus 2018, 12:08 WIB | dibaca: 2409 pembaca
APA PASAL YANG TEPAT DIKENAKAN UNTUK KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS?

Kecelakaan lalulintas jalan telah diatur oleh UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ada pasal yang mengatur secara tegas tentang ancaman hukuman bagi setiap pengemudi apabila terbukti lalai dan bersalah karena suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Setiap Pengemudi kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugaian materi, korban luka, baik luka ringan maupun luka berat, atau meninggal dunia diancam dengan sanksi pidana sebagaimana diatur Pasal 310 ayat (1), (2), (3), dan (4) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

(2) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah).

(3) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

(4) Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 12.000.000,00 (dua belas juta rupiah)

 

 

kecelakaan lalu lintas digolongkan atas beberapa penggolongan sebagaimana diatur dalam Pasal 229 UU 22/2009 yakni :

 

  1. kecelakaan lalin ringan, yakni merupakan kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan dan/atau barang.
  2. kecelakaan lalin sedang, yakni kecelakaan yang mengakibatkan luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang. luka ringan dimaksud adalah luka yang mengakibatkan korban menderita sakit yang tidak memerlukan perawatan inap dirumah sakit atau selain yang diklasifikasikan dalam luka berat.
  3. kecelakaan lalin berat, yakni kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dan/atau luka berat. luka berat dimaksud adalah yang mengakibatkan korban :
  • jatuh sakit dan tidak ada harapan sembuh sama sekali atau menimbulkan bahaya maut.
  • tidak mampu terus menerus untuk menjalankan tugas jabatan atau pekerjaan.
  • kehilangan salah satu panca indera.
  • menderita cacat berat atau lumpuh.
  • terganggu daya pikir selama 4 (empat) minggu lebih.
  • gugur atau matinya kandungan seseorang.
  • luka yang membutuhkan perawatan rumah sakit lebih dari tiga puluh hari.

 

 

Bagi pelaku tindak pidana lalu lintas dapat dijatuhi pidana berupa pidana penjara, kurungan, atau denda dan selain itu dapat dijatuhi pidana tambahan berupa pencabutan Surat Izin Mengemudi atau ganti kerugian yang diakibatkan oleh tindak pidana lalu lintas.

 

Betapapun kealpaan merupakan sesuatu yang sulit dihindarkan namun hendaknya anda selalu waspada ketika anda mengemudikan kendaraan anda dengan membatasi hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, karena nyawa anda tidaklah sebanyak ketika anda bermain play station ataupun game racing lainnya. Ingat, keluarga ataupun orang-orang terdekat yang anda sayangi menunggu anda dirumah.

Komentar:
Komentator
david - Sabtu 28 September 2019, 01:23:37

bagaimana kalau motor nabrak sepeda lalu tanggung jawab, kena pasal 229 ayat 3 itu di kurung 1 tahun dan denda 2 juta rupiah. itu pilih salah 1 denda atau kurungan, atau semua nya harus di jalanin

Showing : 1
Tuliskan Komentar Anda: